Pasar



PENGERTIAN DAN FUNGSI PASAR

Dalam  kehidupan  sehari-hari,  pasar  diartikan  sebagai  tempat  bertemunya  pembeli  dan penjual.  Pengertian  pasar  tersebut  adalah  pengertian  pasar  secara  konkret.
Dalam  ilmu  ekonomi,  pengertian  pasar  tidak  dikaitkan  dengan  masalah  tempat,  akan tetapipengertian  pasar  lebih  dititikberatkan  pada  kegiatan.  Jika  ada  kegiatan  jual  beli  disebut  pasar,  danjika  tidak  ada  kegiatan  jual  beli  disebut  bukan  pasar.  Pasar  dapat  terbentuk  di  mana    saja  dan  apan  saja,  di  dalam  bis,  di  terminal,  di  halte,  dan  lain-lain.  Bahkan  transaksi  jual  beli  juga  bisa terjadi  lewat  surat,  TV,  radio,  internet,  dan  lain-lain.
Pengertian  pasar  menurut  ilmu  ekonomitersebut  disebut  pasar  abstrak.  Pasar  sebagai  tempat   transaksi  jual  beli  antara  pedagang  dan  pembeli  dapat  terbentuk  dengan  adanya  syarat-syarat  sebagai  berikut.
1.      adanya  penjual,
2.      adanya  pembeli,
3.      tersedianya  barang  yang  diperjualbelikan,
4.      terjadinya  kesepakatan  antara  penjual  dan  pembeli.
Pasar  sebagai  tempat  transaksi  jual  beli  antara  penjual  (pedagang)  dan  pembeli  (konsumen) memiliki  peran  dan  fungsi  penting  dalam  kegiatan  ekonomi  masyarakat.

Adapun  fungsi  pasar  dalam  kegiatan  ada  tiga  macam,  yaitu:

1.     Fungsi  Distribusi
Dalam  kegiatan  distribusi,  pasar  berfungsi  mendekatkan  jarak  antara  konsumen dengan  produsen  dalam  melaksanakan  transaksi.  Pasar  memiliki  fungsi  distribusi menyalurkan  barang-barang  hasil  produksi  kepada  konsumen.
Salah  satu  kegiatan  ekonomi  yang  pokok  adalah  kegiatan  distribusi  atau  kegiatan penyampaian  barang  dan  jasa  hasil  produksi  kepada  konsumen.  Untuk  melakukan  kegiatan distribusi   tersebut,  dibutuhkan  sarana  dan  prasarana  di  antaranya  adalah  pasar.

Dalam  fungsi  distribusi,  pasar  berperan  memperlancar  penyaluran  barang  dan  jasa dari  produsen  kepada  konsumen.  Melalui  transaksi  jual  beli,  produsen  dapat  memasarkan barang  hasil  produksinya  baik  secara  langsung  maupun  tidak  langsung  kepada  konsumen atau  kepada  pedagang  perantara  lainnya.  Melalui  transaksi  jual  beli  itu  pula,  konsumen dapat  memperoleh  barang  dan  jasa  yang  dibutuhkan  untuk  memenuhi  kebutuhannya  secara  mudah  dan  cepat.  Jika  pasar  dapat  berfungsi  dengan  baik,  maka  kegiatan  distribusi  dapat berjalan  dengan  lancar,  tetapi  jika  pasar  tidak  dapat  berfungsi  dengan  baik,  maka  kegiatan distribusi  juga  akan  berjalan  kurang  lancar.

2.     Fungsi  Pembentukan  Harga
Sebelum  terjadi  transaksi  jual  beli  terlebih  dahulu  dilakukan  tawar  menawar, sehingga  diperoleh  kesepakatan  harga  antara  penjual  dan  pembeli.  Dalam  proses  tawar menawar  itulah  keinginan  kedua  belah  pihak  (antara  pembeli  dan  penjual)  digabungkan untuk  menentukan  kesepakatan  harga,  atau  disebut  harga  pasar.

3.     Fungsi  Promosi
Pasar  merupakan  sarana  paling  tepat  untuk  ajang  promosi,  karena  di  pasar  banyak dikunjungi  para  pembeli.  Pelaksanaan  promosi  dapat  dilakukan  dengan  berbagai  cara, misalnya  memasang  spanduk,  membagikan  leaflet  atau  brosur  penawaran,  membagikan  sampel  atau  contoh  produk  kepada  calon  pembeli,  dan  sebagainya.

BENTUK-BENTUK  PASAR

Pasar  merupakan  sarana  kegiatan  ekonomi  yang  paling  penting.  Bentuk-bentuk  pasar  dapat diklasifikasikan  sebagai  berikut.

1. Bentuk  Pasar  menurut  Sifat/Wujud  Barang  dan  Cara  Penyerahannya
Berdasarkan  sifat  barang  dan  cara  penyerahannya,  pasar  dibedakan  menjadi:

a.      Pasar  konkret
Pasar  konkret,  yaitu  pasar  di  mana  barang  yang  diperjualbelikan  benar-benar  ada dan  penjual  dan  pembeli  bertemu  langsung.
Ciri-ciri  pasar  konkret:
1)      transaksi  dilakukan  secara  tunai,
2)      barang  dapat  dibawa/diambil  saat  itu  juga,
3)      barang  yang  diperjualbelikan  benar-benar  ada/nyata,
4)      penjual  dan  pembeli  bertemu  langsung.
Pasar  konkrit  pada  kenyataannya  dapat  dikelompokkan  menjadi  berbagai bentuk  yaitu  pasar  konkrit  berdasarkan  manajemen  pengelolaan,  manajemen pelayanan,  jumlah  barang  yang  dijual,  banyak  sedikit  barang  yang  dijual,  dan ragam  barang  yang  dijual.

1)      Berdasarkan  manajemen  pengelolaan
a)      Pasar  tradisional
Pasar  tradisional  adalah  pasar  yang  dibangun  oleh  pihak  pemerintah, swasta,  koperasi,  dan  swadaya  masyarakat.  Tempat  usahanya  dapat  berbentuk  toko,  kios,  los,  dan  tenda  yang  menyediakan  barang-barang konsumsi  sehari-hari  masyarakat.   Pasar  tradisional  biasanya  dikelola  oleh pedagang  kecil,  menengah,  dan  koperasi.  Proses  penjualan  dan  pembelian dilakukan  dengan  tawar-menawar.  Para   pengelolanya  bermodal  kecil.  Contoh  pasar  tradisional  antara  lain  Pasar  Lawang  (Malang)  dan  Pasar Senen  (Jakarta).
b)     Pasar  modern
Pasar  modern  adalah  pasar  yang  dibangun  oleh  pihak  pemerintah, swasta,  dan  koperasi  yang  dikelola  secara  modern.  Pada  umumnya  pasar modern  menjual  barang  kebutuhan  sehari-hari  dan  barang  lain  yang  sifatnya tahan  lama.  Modal  usaha  yang  dikelola  oleh  pedagang  jumlahnya  besar. Kenyamanan  berbelanja  bagi  pembeli  sangat  diutamakan.  Biasanya  penjual  memasang  label  harga  pada  setiap  barang.  Contoh  pasar  modern  yaitu  plaza,  supermarket,  hipermart,  dan  shopping  centre.

2)      Berdasarkan  manajemen  pelayanan

a)      Pasar  swalayan  (supermarket)
Pasar   swalayan  adalah   pasar  yang  menyediakan  barang-barang  kebutuhan  masyarakat,  pembeli  bisa  memilih  barang  secara  langsung  dan melayani  diri  sendiri  barang  yang  diinginkan.  Biasanya  barang-barang  yang dijual  barang  kebutuhan  sehari-hari  sampai  elektronik.  Seperti  sayuran,  beras,  daging,  perlengkapan  mandi  sampai  radio  dan   televisi.

b)     Pertokoan  (shopping  centre)
Shopping  centre  (pertokoan)  adalah  bangunan  pertokoan  yang  berderet-deret  di  tepi  jalan.  Biasanya  atas  peran  pemerintah  ditetapkan  sebagai  wilayah  khusus  pertokoan.  Shopping  centre  berbentuk  ruko  yaitu perumahan  dan  pertokoan,  sehingga  dapat  dijadikan  tempat  tinggal pemiliknya  atau  penyewa.

c)      Mall/plaza/supermall
Mall/plaza/supermall  adalah  tempat  atau  bangunan  untuk  usaha  yang lebih  besar  yang  dimiliki/disewakan  baik  pada  perorangan,  kelompok  tertentu  masyarakat,  atau  koperasi.  Pasar  ini  biasanya   dilengkapi  sarana hiburan,  rekreasi,  ruang  pameran,  gedung  bioskop,  dan  seterusnya.

3)      Berdasarkan  jumlah  barang  yang  dijual

a)      Pasar  eceran
Pasar  eceran  adalah  tempat  kegiatan  atau  usaha  perdagangan  yang menjual  barang  dalam  partai  kecil.  Contoh  toko-toko  kelontong,  pedagang kaki  lima,  pedagang  asongan,  dan  sebagainya.
b)     Pasar  grosir
Pasar  grosir  adalah  tempat  kegiatan/usaha  perdagangan  yang  menjual barang  dalam  partai  besar,  misalnya  lusinan,  kodian,  satu  dos,  satu  karton, dan  lain-lain.  Pasar  grosir  dimiliki  oleh  pedagang  besar  dan  pembelinya pedagang  eceran.  Contoh:  Alfa  gudang  rabat,  pusat-pusat  grosir,  makro,  dan sebagainya.

b.      Pasar  abstrak
Pasar  abstrak,  yaitu  pasar  di  mana  barang  yang  diperjualbelikan  tidak  tersedia secara  langsung  dan  antara  penjual  dan  pembelinya  tidak  bertemu  secara  langsung.

Ciri-ciri pasar abstrak:
1)      penjual  dan  pembeli  berada  di  tempat  yang  berbeda  dan  berjauhan  jaraknya,
2)      transaksi   dilandasi  oleh  rasa  saling  percaya,
3)      barang  yang  diperjualbelikan  tidak  tersedia,  hanya  contoh  saja,
4)      transaksi  dilakukan  dalam  partai  besar.

Contoh  pasar  abstrak  yang  lagi  trend  terutama  bagi  masyarakat  kalangan  atas sekarang  ini  adalah  belanja  barang  secara  online  lewat  internet.
Pasar  abstrak  dapat  berupa  pasar  uang,  pasar  modal,  pasar  barang  berjangka,  pasar  tenaga  kerja,  dan  pasar  valuta  asing.

     1)      Pasar  uang
Pasar  uang  adalah  pasar  yang  memperjualbelikan  surat  berharga  jangka pendek  (jangka  waktunya  kurang  dari  satu  tahun),  seperti  Sertifikat  Bank  Indonesia (SBI),  Surat  Berharga  Pasar  Uang  (SBPU),  sertifikat  deposito,  interbank  call money,  bankers  acceptancecommercial  paper,  treasury  bills  repurchase  agreement,  dan   foreign  exchange  market.

2)      Pasar  modal
Pasar  modal  adalah  tempat  perdagangan  saham,  yaitu  bukti  kepemilikan dari  sebuah  perusahaan.  Biasanya  saham  berbentuk  surat, sehingga sering disebut surat  berharga.  Saham  atau  surat  berharga  yang  diperdagangkan  di  pasar  modal disebut  efek.  Efek  sebenarnya  sebuah  istilah  yang  penggunaannya  sangat  luas. Semua  yang  termasuk  surat  berharga  biasa  disebut  efek  seperti  surat  pengakuan utang,  surat  berharga  komersial,  saham,  obligasi,  sekuritas  kredit,  tanda  bukti utang,  right  issue,  waran,  opsi,  dan  produk-produk  lainnya  yang  ditetapkan sebagai  efek  oleh  Badan  Pengawas  Pasar  Modal  (Bapepam).
Pelaksanaan perdagangan  di  pasar  modal  terdapat  pialang  (broker).  Tugas  dari  broker  adalah penghubung  atau  perantara perdagangan  antara  penjual  dan  pembeli.

3)      Pasar  barang  berjangka
Pasar  barang  berjangka  adalah  badan  usaha  yang  menyelenggarakan  dan menyediakan  sistem  atau  sarana  untuk  kegiatan  jual  beli  komoditi berdasarkan kontrak  berjangka  seperti  Bursa  Berjangka  Jakarta  (BBJ).  Bursa  Berjangka Jakarta  dikenal  dengan  Jakarta  Futures  Exchange  (JFE).  Barang  yang  dijual  di JFE  adalah  kelapa  sawit,  minyak  goreng,  kopi,  kedelai,  dan  gula.

4)      Pasar  tenaga  kerja
Pasar  tenaga  kerja  atau  bursa tenaga  kerja  adalah  suatu  kegiatan untuk mempertemukan  antara  pencari  kerja  dengan  yang  membutuhkan  pekerjaan.  Hal-hal  yang  berkaitan  dengan  tenaga  kerja  di  bawah  naungan  Departemen  Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi  yang  bertugas  mendaftar  dan  menyalurkan pencari  kerja  supaya  penghidupan  pencari  kerja  lebih  layak.  Selain  Departemen Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi,  ada  biro-biro  jasa  yang  bergerak  dalam penyaluran  tenaga  kerja.  Pasar  tenaga  kerja  berperan  sebagai  tempat  untuk penyaluran  tenaga  kerja  dan  untuk  memperoleh  informasi  lowongan  pekerjaan  di  dalam  negeri  maupun  luar  negeri.

5)      Pasar  valuta  asing
Pasar  valuta  asing  sering  disebut  bursa  valuta  asing  yaitu  tempat kegiatan  memperjualbelikan  valuta  asing.  Pada  perdagangan  valuta  asing  dikenal istilah  kurs.  Kurs  adalah  nilai  mata  uang  suatu  Negara  yang  dinyatakan  dengan nilai  mata  uang  Negara  lain.  Kurs  terdiri  atas  kurs  jual  dan  kurs  beli.  Selisih antara  kurs  jual  dan  kurs  beli  menjadi  keuntungan  untuk  para  penjual  valuta asing.


2. Bentuk  Pasar  menurut  Luas  Wilayah  Kegiatannya
Berdasarkan  luas  wilayah  kegiatannya,  pasar  dapat  dibedakan  menjadi:

a.      Pasar  regional
Pasar  regional  adalah  pasar  yang  daerah  pemasarannya  meliputi  beberapa  negara pada  wilayah  tertentu.  Pasar  ini  biasanya  di  bawah  naungan  wadah  kerja  sama  regional,  misalnya  di  kawasan  Asia  Tenggara  dibentuk  AFTA.

b.      Pasar  internasional
Pasar  internasional  adalah  pasar  yang  daerah  pemasarannya  mencakup  seluruh kawasan  dunia.  Pasar  ini  juga  disebut  pasar  dunia,  karena  menjual  produk-produk  yang dibutuhkan  oleh  semua  masyarakat  dunia,  misalnya  pasar  kopi  di  Brasil,  pasar  wol  di Sidney,  Australia.

c.       Pasar  lokal
Pasar  lokal  adalah  pasar  yang  daerah  pemasarannya  hanya  meliputi  daerah  tertentu, dan  pada  umumnya  menawarkan  barang  yang  dibutuhkan  masyarakat  di  sekitarnya.  Misalnya  Pasar  Klewer  di  Solo  yang  menyediakan  berbagai  jenis  kain  batik,  karena masyarakat  di  Solo  dan  sekitarnya  banyak  yang  mengenakan  batik.

d.      Pasar  nasional
Pasar  nasional  adalah  pasar  yang  daerah  pemasarannya  meliputi  wilayah  satu negara.  Pasar  ini  menjual  barang-barang  yang  dibutuhkan  oleh  masyarakat  Negara  tersebut.

3.  Bentuk  Pasar  menurut  Organisasi  Pasar  atau  Hubungan  antara Pembeli  dan  Penjual
Berdasarkan  organisasi  pasar,  pasar  dapat  dibedakan  menjadi:

a.      Pasar  persaingan  sempurna  (perfect  competition  market)
Pasar  persaingan  sempurna  adalah  pasar  yang  terdapat  banyak  penjual  dan  pembeli,  sehingga  harga  tidak  bisa  ditentukan  oleh  masing-masing  penjual/pembeli.
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.
1)      penjual  dan  pembeli  bebas  keluar  masuk  pasar  tanpa  hambatan,
2)      pengetahuan  penjual  dan  pembeli  tentang  pasar  sempurna,
3)      penjual  dan  pembeli  banyak,
4)      barang  yang  diperjualbelikan  bersifat  homogen.

              b. Pasar  persaingan  tak  sempurna  (imperfect  competition  market)
Pasar  persaingan  tidak  sempurna  adalah  pasar  dimana  jumlah  pembeli  lebih  banyak dibandingkan  dengan  jumlah  penjualnya,  sehingga  pasar  dikuasai  oleh  satu  atau  beberapa penjual  saja.
Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.
1)      terdapat  hambatan  untuk  memasuki  pasar,
2)      pengetahuan  pembeli  tentang  pasar  terbatas,
3)      jumlah  penjual  sedikit,
4)      barang  yang  diperjualbelikan  bermacam-macam.

Bentuk  pasar  yang  termasuk  pasar  persaingan  tidak  sempurna,  di  antaranya:

Ø  Pasar  monopoli
Pasar  monopoli  ialah  pasar  yang  dikuasai  sepenuhnya  oleh  penjual. Penjual  mempunyai  kekuasaan  yang  mampu  memaksakan  kemauannya,  baik dalam  bentuk  harga,  volume,  tempat,  maupun  waktu  pembelian  barang  yang akan  dijualnya.  Karena  penjual  dalam  pasar  monopoli  tidak  mempunyai pesaing,  ia  dapat  menaikkan  atau  menurunkan  harga  dengan  cara  mengubah jumlah  barang  yang  ditawarkan.
Contoh:  PLN  menguasai  listrik  di Indonesia,  PT Pos  Indonesia  memonopoli  penjualan  benda-benda  pos di  Indonesia.

Ciri-ciri  pasar  monopoli,  antara  lain:
1)      terdapat  satu  penjual  dan  banyak  pembeli,
2)      harga  ditentukan  secara  sepihak  oleh  penjual,
3)      tidak  ada  barang  lain  yang  dapat  menggantikan  barang  yang  dijualbelikan dengan  sempurna,
4)      ada  halangan  yang  kuat  bagi  penjual  baru  untuk  masuk  dalam  pasar.

Hambatan-hambatan  yang  sering  terjadi  pada  pasar  monopoli  antara  lain:
1)      penetapan harga serendah mungkin,
2)      adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif,
3)      pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dan distributor,
4)      adanya skala ekonomis yang sangat besar,
5)      memiliki sumber daya yang unik.

Penyebab  timbulnya  pasar  monopoli  antara  lain:
1)      ditetapkan  oleh  pemerintah  berdasarkan  undang-undang,
2)      penggabungan  dari  berbagai  perusahaan,
3)      adanya  hak  cipta  atau  hak  paten  atas  hasil  karya  seseorang   yang  diberikan  kepada suatu perusahaan.

Ø  Pasar  duopoli
Pasar  duopoli,  yaitu  pasar  di  mana  penawaran  suatu  barang  dikuasai  oleh dua  perusahaan.  Contoh:  penawaran  minyak  pelumas  yang  dikuasai  oleh  Caltex  dan  Pertamina.
Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
1)      terdapat  dua  penjual  dan  banyak  pembeli,
2)      harga  ditentukan secara  sepihak  oleh  kedua  penjual  baik  dengan  kesepakatan  atau tidak.

Ø  Pasar  oligopoli
Pasar  oligopoli  ialah  pasar  dimana  beberapa  perusahaan  menguasai penawaran  satu  jenis  barang.  Beberapa  perusahaan  yang  menguasai  pasar  ini  saling memengaruhi  satu  sama  lain.  Sifat  ini  menyebabkan  satu  perusahaan  harus mengambil  keputusan  secara  hati-hati  dalam  mengubah  harga,  mengubah  desain produk  atau  mengubah  teknik  produksi.  Contoh:  penawaran  sepeda  bermotor  yang dikuasai  oleh  beberapa  perusahaan  di  antaranya  Honda,  Suzuki,  Yamaha,  dan Kawasaki.
Ciri-ciri pasar oligopoli, yaitu:
1)      terdapat  banyak  pembeli  di  pasar,
2)      hanya  ada  beberapa  penjual,
3)      produk  yang  dijual  bersifat  homogen  dan  bisa  juga  berbeda  namun  memenuhi standar  mutu,
4)      terdapat  hambatan  untuk  memasuki  pasar  bagi  perusahaan  baru,
5)      adanya  saling  ketergantungan,
6)      penggunaan  iklan  sangat  intensif.

Ø  Pasar   monopolistik
Pasar  monopolistik  adalah  suatu  struktur  pasar  di mana  terdapat  banyak produsen  yang  menjual  produk  yang  sama,  tetapi  dengan  berbagai  macam  variasi.
Ciri-ciri pasar monopolistik
1)      Terdapat  banyak produsen.
2)      Produk  yang  dijualbelikan  sama  (homogen),  tetapi  dengan  berbagai  macam variasi.






4.  Bentuk  Pasar  Menurut  Waktu  Penyelenggaraannya
Berdasarkan  waktu  penyelenggaraannya,  pasar  dapat  dibedakan  menjadi:

a.      Pasar  Kaget
Pasar  kaget  adalah  pasar  sesaat  yang  terjadi  ketika  terdapat   sebuah keramaian  atau  perayaan.  Contoh  pasar  kaget  antara  lain  pada  saat  merayakan ulang  tahun  suatu  daerah  terdapat  pasar  malam,  dan  sebagainya.

b.      Pasar  harian
Pasar  harian  adalah  pasar  yang  dilakukan  setiap  hari.  Contohnya  pasar-pasar tradisional  di  lingkungan  rumah  yang  menjual  kebutuhan  pokok  sehari-hari,  pasar  induk,  di  jakarta,  dan  lain-lain.

c.       Pasar  mingguan
Pasar  mingguan  adalah  pasar  yang  dilakukan  hanya  setiap  seminggu  sekali. Biasanya  nama  pasar  ini  diambil  dari  nama  hari  pelaksanaan,  contohnya  Pasar  Senin,  Pasar  Minggu,  Pasar  Rebo,  dan  lain-lain.

d.      Pasar  bulanan
Pasar  bulanan  adalah  pasar  yang  dilakukan  sebulan  sekali.  Pasar  bulanan  biasanya terdapat  di  sekitar  pabrik  dan  dibuka  setiap  kali  karyawan  pabrik  tersebut  menerima  gaji.

e.       Pasar  tahunan
Pasar  tahunan  adalah  pasar  yang  dilakukan  setahun  sekali.  Pasar  ini diselenggarakan  berkaitan  dengan  acara  atau  kegiatan  dan  sering digunakan  sebagai  ajang pameran  atau  promosi.  Contohnya  Pekan  Raya  Jakarta  (PRJ),  Pasar  Sekaten  di   Jogjakarta dan  Solo.


     5.     Bentuk  Pasar  Menurut  Jenis  Barang  yang  Diperjualbelikan

Berdasarkan  jenis  barang  yang  diperjualbelikan,  pasar  dibedakan  menjadi:
a.      Pasar  barang  konsumsi
Pasar  barang  konsumsi  adalah  pasar  yang  menjual  barang-barang  yang  secara langsung  dapat  dikonsumsi/dipakai.  Contohnya  pasar  buah,  pasar  ikan,  pasar  pakaian,  dan lain-lain.
b.      Pasar  Faktor  Produksi
Pasar  barang  produksi  adalah  pasar  yang  memperjualbelikan  beberapa  faktor produksi  yang  berguna  bagi  kelancaran  proses  produksi,  seperti  tembakau,  beras, kopi,  minyak  bumi,  tembaga,  balai  latihan  kerja,  mesin  cetak,  mesin  tekstil,  dan bursa  efek.  Pada  pasar  ini,  para  pemilik  usaha  (pengusaha)  berperan  sebagai pembeli,  sedangkan  penjualnya  adalah  pemilik  faktor  produksi.
Berdasarkan  pemilikan  faktor  produksi,  pasar  barang  produksi  dibedakan menjadi  tiga  macam,  yaitu  pasar  faktor  produksi  alam,  pasar  faktor  produksi  tenaga  kerja,  dan  pasar  faktor  produksi  modal.

1)      Pasar  faktor  produksi  alam
Pasar  faktor  produksi  alam  adalah  kegiatan  pertemuan  antara  calon penjual  dan  calon  pembeli  faktor  produksi  alam.  Pasar  ini  berupa  pasar  abstrak,  barang  yang  diperdagangkan  tidak  berada  di tempat.  Mereka  bertemu hanya  untuk  mengadakan  perjanjian  jual  beli.  Misalnya  pasar  tembakau  di Bremen  (Jerman),  pasar  kopi  di Sao  Paulo  (Brasil),  dan  pasar  karet  di  New York  (Amerika  Serikat).

     2)      Pasar  faktor  produksi  tenaga  kerja
Pasar  faktor  produksi  tenaga  kerja  adalah  pasar  yang  menyediakan  jasa tenaga  kerja.  Jasa  itu  diberikan  kepada  para  pengusaha  yang  membutuhkan  tenaga kerja  dan  dengan  memberi  imbalan  upah  atau  gaji.  Pasar  tenaga  kerja  terjadi apabila  pemilik  perusahaan  menggunakan  jasa  tenaga  kerja  dan  terjadi  perjanjian-perjanjian  kerja antara  pemilik  perusahaan,  tenaga  kerja,  dan  serikat  kerja.  Misalnya  bursa  tenaga  kerja.

3)      Pasar faktor produksi modal
Pasar  faktor  produksi  modal  adalah  pasar  yang  mempertemukan  antara penjual  dan  pembeli  atas  modal  yang  berjangka  waktu  panjang.  Modal  yang diperdagangkan  di  pasar  modal  berbentuk  surat  berharga.  Surat  berharga dapat  berupa  saham  dan  obligasi.  Contoh  pasar  faktor  produksi  modal  yaitu Bursa  Efek  Indonesia  gabungan  antara  BEJ  dengan  BES.

c.       Pasar  barang  distribusi
Pasar  barang  distribusi  adalah  pasar  yang  menjual  faktor-faktor  produksi.  Misalnya bursa  tenaga  kerja,  pasar  modal,  pasar  mesin-mesin  produksi,  dan  lain-lain.



PERANAN PASAR
Pasar  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  bagi  perekonomian.  Berikut  ini beberapa  peranan  pasar.

1.      Peranan  Pasar  bagi  Produsen
Pasar  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  bagi  produsen  yaitu membantu  memperlancar  penjualan  hasil  produksi  dan  dapat  pula  digunakan sebagai  tempat  untuk  mempromosikan  atau  memperkenalkan  barang  dan  jasa hasil  produksi.  Selain  itu  produsen  juga  dapat  memperoleh  barang  atau  jasa yang  akan  digunakan  untuk  keperluan  proses  produksi.

2.      Peranan  Pasar  bagi  Konsumen
Pasar  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  bagi  konsumen,  karena konsumen  mudah  untuk  memperoleh  barang  atau  jasa  yang  dibutuhkan.  Apabila pasar  semakin  luas,  konsumen  akan  semakin  mudah  memperoleh  barang  atau jasa  yang  dibutuhkan.

3.      Peranan  Pasar  bagi  Pembangunan
Peranan  pasar  bagi  pembangunan  adalah  menunjang  kelancaran  pembangunan  yang  sedang  berlangsung.  Upaya  dalam  meningkatkan  pembangunan,  pasar  berperan  membantu  menyediakan  segala  macam  barang  dan  jasa  yang  bermanfaat  bagi  pembangunan.  Pasar  juga  dapat  dijadikan  sumber  pendapatan  pemerintah  untuk  membiayai pembangunan  melalui  pajak  dan  retribusi.


4.      Peranan  Pasar  bagi  Sumber  Daya  Manusia
Kegiatan  perdagangan  di  suatu  pasar  membutuhkan  tenaga  kerja  yang tidak  sedikit.  Semakin  luas  suatu  pasar,  semakin  besar  tenaga  kerja  yang dibutuhkan.  Dengan  banyaknya  tenaga  kerja  yang  dibutuhkan,  berarti  pasar  turut  membantu  mengurangi  pengangguran,  memanfaatkan  sumber  daya  manusia,  serta  membuka  lapangan  kerja.



HUBUNGAN ANTARA PASAR DENGAN DISTIRBUSI

Pasar  merupakan  bagian  dari  kegiatan  distribusi  yang  berfungsi  menyalurkan atau  menyampaikan  barang  dari  produsen  kepada  konsumen  melalui  para  pedagang. Barang-barang  yang  dihasilkan  oleh  produsen  bukan  untuk  dikonsumsi  sendiri, tetapi  perlu  disebarluaskan  kepada  masyarakat  umum.  Pasar  dalam  kegiatan  distribusi  memiliki  peranan  yang  cukup  penting.
Berikut ini fungsi hubungan antara pasar dengan distribusi.

1.      Fungsi  Pertukaran
Keterkaitan  antara  pasar  dengan  distribusi  berfungsi  sebagai pertukaran. Orang-orang  yang  menjual  barang  di  pasar  akan  berperan  sebagai  pedagang sekaligus  penyalur  barang  ke  konsumen.  Para  pedagang  tentunya  akan  memilih barang-barang  yang  disenangi  oleh  pembeli.  Apabila  barang-barang  tersebut digemari  oleh  pembeli  maka  barang-barang  yang  ditawarkan  akan  laku  terjual. Dengan  demikian  kegiatan  distribusi  akan lancar  dan   pedagang  pun  akan mendapat  keuntungan.
2.      Fungsi  Penyediaan  Fisik
Pasar  dan  distribusi  mempunyai  fungsi  penyedia  fisik,  artinya  pasar akan  menyediakan  barang-barang  yang  dibutuhkan  oleh  konsumen.   Barang-barang tersebut  akan  diperoleh  dari  produsen  melalui  distributor.  Barang-barang  akan dikumpulkan  untuk  kemudian  dijual  ke  konsumen.  Barang-barang  yang  dijual oleh  pedagang  tidak  akan  habis  dalam  waktu  sehari.  Pedagang  akan  menyimpan  sisa  barang  yang  dijualnya  di  gudang  sebagai  persediaan  untuk dijual  kembali  di  hari  berikutnya.  Dengan  demikian  fungsi  ini  berkaitan  dalam  hal  pengumpulan,  penyimpanan,  pemilihan,  dan  pengangkutan.
3.      Fungsi  Penunjang
Fungsi  penunjang  antara  pasar  dengan  distribusi  dilakukan  untuk  membantu  dan  menyempurnakan  fungsi  pertukaran  dan  penyediaan  fisik  agar dapat   berjalan  dengan  baik.  Pasar  dan  distribusi  dapat  digunakan  sebagai  sarana  penunjang  dalam  memperkenalkan  barang-barang  yang  dihasilkan  oleh produsen.  Misalnya  dengan  memasang  iklan  di  pasar  atau  menyebarkan  pamflet kepada  konsumen.  Dengan  demikian  konsumen  akan  mengetahui  produk-produk baru  tersebut.





KEGUNAAN  PASAR  BAGI  KEGIATAN  EKONOMI MASYARAKAT

Dalam  pasar  konkrit  barang  yang  diperdagangkan  tersedia  di  pasar,  sehingga pembeli  dapat  secara  langsung  memilih  barang  yang  ia  sukai  dan  secara  langsung  dapat membeli  barang  tersebut  untuk  memenuhi  kebutuhannya.  Oleh  karena  itu,  pasar  konkrit mempunyai  banyak  kegunaan  dalam  kegiatan  ekonomi  masyarakat,  antara  lain  dapat digunakan  untuk:

1.      Menyalurkan  barang  yang  dihasilkan  oleh  produsen.  Pasar  konkrit   akan mendistribusikanhasil produksi para produsen ke konsumen. Di pasar kongkrit produsen menawarkan  barang  dan  konsumen  akan  membeli  barang  sesuai  dengan  tingkat pendapatan  dan  kebutuhannya.
2.      Sebagai  tempat  transaksi  jual  beli  barang  maupun  jasa  yang  dihasilkan  masyarakat.
3.      Membantu  menciptakan  lapangan  pekerjaan  bagi  masyarakat.

4.      Membantu  meningkatkan  pendapatan  masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK PENGOLAHAN BAHAN PANGAN

Materi Prakarya Evaluasi Hasil Usaha

Perlawanan Aceh terhadap VOC

Manusia Purba Homo Rhodesiensis atau Homo Africanus

Cara Membuat Kotak Pensil dari Tempurung Kelapa