Cara Membuat Kotak Pensil dari Tempurung Kelapa



Bab 1 Pendahuluan
1.1   Latar Belakang
Limbah tak selamanya hanaya mengganggu kehidupan manusia. Bila mengolahnya dengan baik, bahkan sesuatu yang tidak bergunapun akan dapat menjadi suatu barang yang berharga. Salah satu contohnya adalah batok kelapa. Limbah yang satu ini banyak ditemukan disekitar kita bukan? Tempurung kelapa yang tidak bernilai, masih bisa disulap menjadi baranf bermanfaat. Kelapa muda merupakan salah satu buah yang cukup digemari oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Pemanfaatan dari buah ini sendiri cukup beragam, beberapa di antaranya adalah es kelapa muda, campuran es buah bahkan sampai ice cream.
Dengan begitu banyaknya pemanfaatan dari kelapa muda, pasti lah banyak sekali tumpukan kulit kelapa muda yang jika kita biarkan begitu saja menjadi sumber penyakit yang cukup mengerikan bagi kita, contohnya tempurung kelapa muda bisa saja menampung air hujan dan akhirnya akan menjadi sarang nyamuk demam berdarah yang sekarang ini mewabah di Indonesia. Untuk itu, bagaimana cara kita memanfaatkan tempurung  buah kelapa? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama dalam laman ini. Pemanfaatan tempurung kelapa yang pertama yaitu bisa di gunakan sebagai sumber energi  yang paling sederhana adalah digunakan bahan bakar untuk memasak. Mungkin dimasa modern ini kita sudah sulit menemukan orang yang memasak menggunakan kayu bakar apa lagi tempurung kelapa. Namun tanpa kita sadari, penggunaan tempurung kelapa ini sangatlah menguntungkan. Kita lihat dari segi ekonomisnya tentu lebih murah dibandingkan dengan kita menggunakan gas LPG. Selain itu, gas LPG saat ini sudah sangat sulit untu kita dapatkan dan juga tidak dapat kita perbaharui. Menggunakan tempurung kelapa juga mempengaruhi rasa masakan yang kita masak, kita sadari ataupun tidak rasa masakan yang dimasak menggunakan kayu bakar atau tempurung kelapa mempunyai cirri khas tersendiri, memiliki rasa khas sesuai dengan lidah kita.
Cara yang kedua yaitu digunakan berbagai jenis kerajinan tangan, sebagai contoh yaitu tas yang berbahan dasar tempurung kelapa. Selain mempunyai nilai seni yang cukup tinggi, tas dari tempurung kelapa juga dapat memberikan nilai tambah untuk perekonomian masyarakat kita. Salah satu contoh yang tidak jauh dari tempat tinggal kita yaitu di daerah Blitar saja. Ada beberapa contoh kerajinan yang dapat dikembangkan menjadi satu usaha. Contoh yang pertama adalah berbagai pajangan atau hiasan rumah seperti hiasan berbentuk gajah, kuda, bahkan makhluk mitologi yang hanya ada dalam dongeng, yaitu naga. Kerajinan yang paling diunggulkan adalah kerajinan tas. Dari dulu hingga sekarang tas merupakan barang yang paling diminati oleh para wanita dari remaja putrid. Tas dari tempurung kelapa ini juga banyak dicari karena modelnya yang etnik dan cantik. Pemanfaatan batok kelapa sangat menguntungkan, dengan model yang relatif sedikit, kita dapat memperoleh hasil yang lumayan besar.


1.2   rumusan masalah

1.       Bagaimana cara membuat kotak pensil dari tempurung kelapa
2.       Kenapa memilih tempurung kelapa untuk dijadikan kotak pensil
3.       Apakah membuat kotak pensil dari tempurung kelapa bisa jadi bidang bisnis

1.3   tujuan
Tujuannya untuk memanfaatkan barang yang tidak ada nilainya menjadi barang yang bernilai dan bisa dimanfaatkan.
1.4   Manfaat

A.      Individu                                : bermanfaat sebagai kotak pensil dan tidak perlu membeli lagi.
B.      Masyarakat        : mengurangi limbah yang berada dilingkungan masyarakat.


Bab II
2.1 klasifikasi kelapa
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa – Tanaman kelapa termasuk Aricaceae merupakan tanaman suku pinang – pinangan. Tanaman kelapa memiliki biji keping satu, berakar serabut dan tergolong keluarga palem (palmea). Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Klasifikasi tanaman kelapa :
·         Kingdom              : Plantae
·         Sub Kingdom     : Spermatophyta
·         Divisi                      : Magnoliophyta
·         Kelas                     : Liliopsida
·         Sub Kelas             : Arecidae
·         Ordo                      : Arecales
·         Famili                    : Arecaceae
·         Genus                   : Cocos
·         Spesies                 : Cooco nufera L.
Morfologi Tanaman Kelapa
Tanaman kelapa pada umumnya tidak memiliki cabang dan mempunyai daun yang licin. Berikut morfologi tanaman kelapa :
a.       Batang
Batang kelapa tumbuh tegak keatas dan tidak bercabang. Kecuali tanaman ini tumbuh di sekitar persungaian yang akan menyesuaikan arah sinar matahari.
b.      Akar
Tanama kelapa yang baru bertunas mempunyai akar tunggang. Namun, pertumbuhan akar tersebut sangat cepat dan akan terlihat seperti  berlapis. Akar tanaman memiliki struktur yang lembut di bagian dalam dan berair, serta berwarna kecoklatan.
c.       Daun
Daun pada tanaman kelapa di mulai biji sudah berkecambah dan memiliki 4-6 helai daun muda. Daun tersusun saling membalut satu sama lain dan berwarna hijau muda. Bentuk daun hamper menyerupai kelapa sawit.
d.      Bunga
Tanaman kelapa berbunga setelah berumur 3-4 tahun, dan tumbuh pada ketiak daun bagian luar yang diselubungi oleh seludang yang disebut mancung ( saptha ). Bertujuan untuk melindungi calon bunga dan buah pada pohon kelapa.
e.      Buah
Bunga betina yang sudah dibuahi akan tumbuh dengan baik sekitar 3-4 minggu. Namun, perhatikan juga tidak semua buah bisa di petik karena pohon kelapa tidak semuanya bisa membesarkan buah dengan baik. Buah pada tanaman ini berwarna hijau atau kuning tergantung variatesnya dan jika berwarna kecoklatan bahwa menunjukan buah tersebut sudah tua.
2.2 manfaat tempurung kelapa
Beberapa Contoh Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa
1.       Cangkir dari Batok Kelapa
Jika anda bosan menggunakan cangkir yang biasa, anda dapat mencoba menggunakan cangkir yang dibuat dari batok kelapa. Tinggal anda kreasikan warna yang anda inginkan atau bisa juga diberi corak atau ukiran gambar agar lebih menarik saat dilihat.
2.       Asbak dari Batok Kelapa
Asbak dari batok kelapa ini bukan sekedar asbak biasa, tapi juga merupakan sebuah patung angsa. Unik sekali bukan? Disini diperlukan kreatifitas untuk membuatnya jadi indah dan unik, anda bisa membuat hewan lain atau bentuk lain sesuai selera anda.
3.       Bros Cantik dari Batok Kelapa
Salah satu hasil kerajinan tangan dari batok kelapa lainnya adalah bros cantik. Bros tersebut memiliki tekstur yang unik. Tapi untuk membuatnya memang agak sulit.
4.       Teko dari Batok Kelapa
Sebuah teko pun juga dapat dibuat dari tempurung kelapa. Kerajinan teko dari tempurung kelapa ini susah untuk dibuat, membutuhkan ketelitian dan kreatifitas untuk membuatnya.
5.       Tas Unik dari Batok Kelapa
Anda dapat membuat sebuah tas dengan menggunakan batok kelapa. Karena kerajinan tas ini cukup susah, tidak dianjurkan untuk anda yang baru mau mencoba membuat kerajinan dari tempurung kelapa.
Bab III Pembahasan
3.1   Alat dan bahan :

§  Gerinda
§  Amplas
§  Golok
§  Tang
§  Cat
§  Kawat
§  Lem kayu
§  Tempurung kelapa

3.2   cara kerja :

1.       Mencari tempurung kelapa 3 biji
2.       Gerinda tempurung kelapa seperlunya sampai membentuk sebuah wadah
3.       Ratakan bekas gerinda atau tempurung kelapa yang tidak rapi
4.       Rakit satu persatu tempurung kelapa dengan kawat dan lem kayu
5.       Amplas kembali tempurung kelapa hingga halus
6.       Cat dan keringkan

3.3   hasil
Dan akhirnya kotak pensil dari tempurung kelapa jadi dan hasilnya lumayan memuaskan dan rapi tentunya untuk sebuah kerajinan.


Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK PENGOLAHAN BAHAN PANGAN

Materi Prakarya Evaluasi Hasil Usaha

Perlawanan Aceh terhadap VOC

Manusia Purba Homo Rhodesiensis atau Homo Africanus